Rabu, 30 Oktober 2013

Restoran Louwailou Hangzhou Cina

Restoran Louwailou di Solitary Hill kawasan danau Hangzhou, Cina, adalah restoran tua yang hanya menyajikan makanan yang diramu dari resep-resep klasik negeri tirai bambu Cina. Selain rasa dan suasana alam nan indah, kisah di balik resep menu ikut menambah nikmat makanan yang disajikan.

Restoran Louwailiou Hangzhou Cina


Konon restoran ini sudah berdiri sejak 150 tahun yang lalu. Namun ada juga yang berpendapat, keberadaannya sudah terlihat sejak jaman Dinasti Qing (1611-1911). Pemilik pertama bangunan ini seorang guru besar, Hong Rui Tang. Bersama istrinya datang dari sebuah kota yang jauhnya sekitar 70 km dari Hongzhou. Awalnya, mereka memilih hidup menjadi nelayan di kawasan sungai Qiantang.

Tampaknya mereka piawai mengolah ikan dan udang menjadi santapan yang lezat. Apalagi kampung halaman mereka Shao Xing adalah kota penghasil makanan seafood yang digemari banyak orang, sekaligus penghasil arak terkenal di Cina.

Pasutri itu juga mengamati dari waktu ke waktu, tak ada restoran di kawasan danau itu. Mereka lantas menabung, lalu membuka warung sederhana di kawasan Solitary Hill dekat air terjun Liu Yi.

Ada dua kisah tentang nama restoran Restoran Louwailou Hangzhou Cina.

Pertama, berawal dari seseorang penyair besar pada dinasti Song bernama Lin Shen yang menuliskan kata "Louwailou" dalam salah satu puisi yang terkenal. Sedangkan versi kedua, nama restoran yang ada di kaki bukit Gu itu diambil merujuk pada dua bangunan yang letaknya berdampingan, Bangunan utama yang asli dimiliki oleh cendekiawan Yu Qu Yuan

Hong Rui Tang yang awalnya hanya menyewa ruangan luar bangunan utama, minta ide pemberian nama restoran tersebut kepada Yu Qui Yuan. Yu menyatakan lokasi restoran itu berada di luar gedungnya, karena itu diusulkan, kutip saja kata yang ada dalam syair Lin shen "Louwailou" yang kurang lebih artinya "bangunan yang berada di luar bangunan"

Tak peduli dengan versi nama yang benar, bangunan kuno dengan nama Restoran Louwailou Hangzhou Cina tetap terasa fenomenal. Berada di tepian danau dan sarat cerita masa lampau, juga masakan yang begitu lezat yang diramu dari resep-resep klasik negeri tirai bambu.